WONDERLIC PERSONL TEST ( WPT )


wonderlic Personnel Test ( WPT )

Wonderlic Personnel Test ( WPT ) dibuat pada tahun 1936 oleh Eldon F Wonderlic, awalnya dirancang untuk membantu dalam seleksi karyawan, juga seleksi pada Angkatan Bersenjata Amerika Serikat dan National Football League. Selama Perang Dunia II, Angkatan Laut mulai menggunakan Wonderlic Personnel Test untuk memilih calon untuk pelatihan pilot dan navigasi. Pada 1970-an Tom Landry, pelatih Dallas Cowboys, adalah orang pertama yang menggunakan Wonderlic Personnel Test untuk memprediksi kinerja pemain. Di kembangkan untuk mengukur kemampuan kognitif umum di bidang matematika, kosa kata, dan penalaran. Eldon F. Wonderlic, dalam sebuah artikel yang dirilis pada tahun 1939, menyatakan sebagai berikut: ” panjang tes itu dibuat sedemikian rupa sehingga hanya sekitar 2-5 persen dari kelompok rata-rata menyelesaikan tes dalam batas waktu dua belas menit “
Tes WPT adalah alat uji atas kemampuan kognitif umum yang telah digunakan secara meluas di seluruh dunia sejak 1937.  Kemampuan kognitif sering diartikan sebagai intelegensi umum dan digunakan untuk mengukur kemampuan individu dalam belajar, memahami instruksi, serta memecahkan masalah. Dua alasan kepopulerannya adalah keringkasan administrasi dan kemudahan dalam scoring Instrumn Tes WPT terdiri 50 item pertanyaan yang harus diselesaikan dalam waktu 12 menit dan dirancang untuk mengukur kemampuan mental umum pada proses seleksi karyawan. Item tersebut terdiri dari pengetahuan umum, persamaan dan perbedaan dalam materi verbal dan nonverbal, kosa kata, visual-spasial tugas, penalaran, abstraksi, dan perhitungan matematika. 
Tes ini juga digunakan untuk menilai kemampuan calon karyawan untuk belajar dan pemecahan masalah dalam berbagai jenis pekerjaan. Pertanyaan WPT mencakup perbandingan kata, kalimat yang dikacaukan urutannya, paralelisasi kalimat, mengikuti petunjuk, perbandingan angka, deret angka, analisis gambar geometri, dan soal-soal cerita yang membutuhkan kemampuan logika atau matematika untuk menyelesaikannya. Scoring dihitung sebagai jumlah jawaban yang benar diberikan dalam waktu yang ditentukan. Skor 20 menunjukkan kecerdasan rata-rata. Pelamar dengan skoring yang lebih tinggi akan belajar lebih cepat, menguasai materi yang lebih kompleks, dan membuat keputusan yang lebih baik dengan informasi yang terbatas. Pelamar dengan skoring yang lebih rendah akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas, instruksi spesifik dan konstan, dan rutinitas pekerjaan standar. Tes ini dirancang untuk memberikan gambaran kepada pimpinan dan konselor karir dengan pemahaman yang lebih besar berupa kemampuan kognitif dari orang-orang yang mereka wawancara, latih, awasi, atau nasihati.
Tes Wonderlic terus diperbarui dengan evaluasi ulang pertanyaan juga, dan mulai mengembangkan bentuk-bentuk lain di antaranya adalah Tes Kemampuan Perseptual , Tes Pencapaian Tingkat Ujian , atau Tes Kemampuan Kognitif Kontemporer. Saat ini ada 30 tes yang ditawarkan oleh Wonderlic, Inc.
Tes Wonderlic Personnel sebagai ujian kejuruan dan kecerdasan, berada di bawah bidang Psikologi Industri dan Organisasi. Tes Wonderlic Personnel digunakan untuk mengukur kemampuan pelamar pekerjaan, kemampuan pendidikan, dan kemampuan pelatihan. Tes ini tersedia dalam enam bentuk (A, B, C, D, E, dan F), ketika dua dari versi ini akan digunakan maka kombinasi yang terbaik adalah A dan B atau D dan F Test, WPT merupakan tes kejuruan cepat dan sederhana untuk penerimaan pegawai dan seleksi. telah dilakukan peer review oleh American Psychological Association dan telah dianggap sebagai aplikasi lapangan yang layakdigunakan untu pengujian personil dalam bidang industri.

About siti bahiyah

Siti Bahiyah, S.Pd Latar belakang Pendidikan Matematika IKIP Muhammadiyah Jakarta, sangat tertarik dengan dunia Parenting dan perkembangan anak usia dini hingga remaja, bersama suami dan dua orang putra menggali pengalaman dan menyelami samudra luas dunia anak dan remaja menuju The Best Parent and The Best Children , untuk itu saya memutuskan untuk kembali belajar dan selalu belajar dengan menempuh studi dengan jurusan yang berbeda yaitu Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana. Rela meninggalkan profesi lama sebagai guru bidang studi Matematika dan Insya Allah mengikuti kata hati bercita-cita menjadi seorang Konsultan Pendidikan dan Penulis Buku Parenting. Mohon doa dan supportnya. Salam semangat untuk para orang tua, anak-anak dan remaja.

Posted on Juni 7, 2015, in belajar yuk ! and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: