PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI POSITIF ANAK


Semua anak punya impian dan cita-cita,  mereka berusaha untuk  dapat mewujudkan impian mereka menjadi kenyataan dan mencapai cita-cita mereka agar dapat membahagiakan dan membuat orang tua bangga. Semua orang tua menginginkan anak-anaknya  mempunyai kepribadian yang tangguh dan mandiri , prestasi yang baik,  dan tentunya sukses di masa depan.

Kesuksesan itu tidak bisa diperoleh secara instan, tapi membutuhkan proses yang panjang.Selama proses yang panjang itu berbagai hambatan-hambatan seringkali ditemui. Sangatlah diperlukan kesabaran dan ketekunan baik anak, orang  tua dan pendidik dalam menemukan cara untuk menghadapi dan mencari jalan keluar hambatan-hambatan tersebut.

Pendidikan merupakan sarana bagi proses menuju kesuksesan, baik di rumah (keluarga) maupun di sekolah. Dalam lingkungan keluarga, pendidikan yang sejak semula dianggap sebagai kebutuhan dasar dapat secara langsung ditangani oleh orang tua dengan menyempatkan waktu memberikan pendidikan dalam bentuk-bentuk pengajaran-pengajaran yang menyangkut aspek kognitifitas dan pembentukan sikap serta perilaku. Bahkan anak-anakpun bisa dengan mudah mencontoh segala perilaku dan aktifitas yang dilakukan oleh orang tua, dikarenakan kedekatan dan pergaulan intens yang terjadi diantara orang tua dan anak-anak .

Pendidikan di sekolah dibutuhkan karena kehidupan masyarakat lambat laun mengalami perubahan dalam segala aspeknya. Perubahan dari masyarakat agraris ke masyarakat industri, kemajuan teknologi komunikasi, informasi dan transportasi telah membuat dunia berubah seakan tanpa batas. Berbagai perubahan ini menuntut adanya kebutuhan akan kemampuan dan spesialisasi dalam masing-masing bidang. Hal ini menyebabkan para orang tua yang sebelumnya bisa mencurahkan perhatian dan pikirannya untuk mendidik dan membimbing anak-anaknya, tidak lagi bisa menjalankan tugas ini. Pilihan sekolah yang tepat untuk anak  sangat membantu mewujudkan kesuksesannya. Tepat dalam arti dapat melayani gaya belajar anak sesuai potensi yang dimiliki mereka. Permasalahannya kebanyakan orang tua menilai bahwa sekolah yang baik untuk anak-anak adalah sekolah yang lulusannya tercatat memperoleh nilai tinggi dan dapat melanjutkan ke sekolah-sekolah  pavorite berikutnya serta  mudah pendapatkan pekerjaan di perusahaan ternama, tetapi mengesampingkan pembentukan perilaku-perilaku anak  yang merupakan modal dasar untuk kehidupan mereka di masa depannya.

Pada hakikatnya kesuksesan seorang anak  bukan hanya ditandai dengan prestasi di sekolah yang gemilang yang ditunjukan dengan perolehan angka-angka di buku rapot, ijazah dan Nilai Ujian Nasional, sebab tidak sedikit anak-anak yang memperoleh nilai biasa-biasa saja tapi menunjukan kepandaian dalam berorganisasi, ketrampilan berolah raga dan seni. sukses bagi anak memiliki pengertian yang berbeda-beda sesuai kebutuhan dan kenyamanan individu anak.

Beberapa anak lambat atau bahkan mengalami kegagalan selama proses pencapaian cita-citanya itu bukan berarti dia bodoh, akan tetapi perlu usaha dan waktuyang lebih lagi untuk menemukan minat , bakat serta gaya belajar yang tepat untuk mereka . Tugas orang tua dan pendidik adalah membantu menumbuhkan dan mengarahkan potensi-potensi yang mereka miliki untuk mencapai kesuksesan.

 

About siti bahiyah

Siti Bahiyah, S.Pd Latar belakang Pendidikan Matematika IKIP Muhammadiyah Jakarta, sangat tertarik dengan dunia Parenting dan perkembangan anak usia dini hingga remaja, bersama suami dan dua orang putra menggali pengalaman dan menyelami samudra luas dunia anak dan remaja menuju The Best Parent and The Best Children , untuk itu saya memutuskan untuk kembali belajar dan selalu belajar dengan menempuh studi dengan jurusan yang berbeda yaitu Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana. Rela meninggalkan profesi lama sebagai guru bidang studi Matematika dan Insya Allah mengikuti kata hati bercita-cita menjadi seorang Konsultan Pendidikan dan Penulis Buku Parenting. Mohon doa dan supportnya. Salam semangat untuk para orang tua, anak-anak dan remaja.

Posted on Maret 30, 2013, in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: