Postur Tubuh Mempengaruhi Kebahagiaan


Inilah saat untuk mengekplorasi aspek lain dari kesehatan, yakni postur kita ketika berdiri, duduk, bekerja dan belajar.
bermalas-malasan menyebabkan penampilan kita tidak sedap dipandang mata, inilah salah satu penyebab postur tubuh menjadi buruk.
Postur tubuh yang buruk dan tidak seimbang adalah salah satu penyebab rasa sakit dan tidak nyaman yang berbahaya.
Karena tulang lutut dan tulang paha saling berhubungan, ketika kita berdiri dengan kaki menyilang, tulang panggul kita akan terdorong ke depan, bahu melengkung, tulang belakang berputar, dan dagu menonjol ke depan, posisi ini menyebabkan banyak tekanan pada sendi dan ligamen seluruh tubuh.
Ambillah langkah antisipatif terhadap kesehatan, serta perhatikan pesan yang diberikan oleh tubuh kita.
Begitu isyarat muncul, perhatikan bagaimana posisi tubuh kita, lalu segerah ubahlah bila kita pada satu posisi yang sama lebih dari 20 menit, gantilah posisi.
Bila kita ingin tampil elegan, lebih tinggi, impresif, atau sederhana saja, ada 4 langkah mudah :
pertama, sejajarkan kaki dan regangkan selebar 10 cm, ini akan membebaskan tulang panggul kita.
kedua, perlu mengayunkan tulang pinggul dari pukul 8 ke pukul 4 dan pertahankan posisi demikian, ini akan melemaskan punggung bawah.
Ketiga,tegakkan dada, tetapi biarkan bahu rileks. Berkonsentrasilah agar tetap rileks dan bernafaslah dengan normal.
Keempat, tautkan tangan dengan lembut di belakang bawah tubuh, pertahankan bahu tetap rileks, perlahan regangkan tangan ke arah lantai.
Mungkin kita akan merasa sangat tidak nyaman setelah latihan ini, tapi cermin akan menunjukan bahwa postur tubuh kita kelihatan lebih indah, labih berenergi, dan perasaan akan lebih bahagia.
Suasana hati dan postur berkaitan erat.
selamat mencoba.

About siti bahiyah

Siti Bahiyah, S.Pd Latar belakang Pendidikan Matematika IKIP Muhammadiyah Jakarta, sangat tertarik dengan dunia Parenting dan perkembangan anak usia dini hingga remaja, bersama suami dan dua orang putra menggali pengalaman dan menyelami samudra luas dunia anak dan remaja menuju The Best Parent and The Best Children , untuk itu saya memutuskan untuk kembali belajar dan selalu belajar dengan menempuh studi dengan jurusan yang berbeda yaitu Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana. Rela meninggalkan profesi lama sebagai guru bidang studi Matematika dan Insya Allah mengikuti kata hati bercita-cita menjadi seorang Konsultan Pendidikan dan Penulis Buku Parenting. Mohon doa dan supportnya. Salam semangat untuk para orang tua, anak-anak dan remaja.

Posted on Agustus 28, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: