Mendorong anak suka membaca


Di zaman modern seperti sekarang ini, disadari atau tidak sudah sangat jarang sekali kita menemukan serta melihat anak-anak Indonesia yang mempunyai hobi atau hanya sekedar mencintai dunia membaca, yang menghabiskan waktu luangnya untuk bergelut dengan dunia.

Anak-anak zaman sekarang lebih banyak terdihir oleh dunia game, dan main-main dari pada membaca. Padahal kita tahu bahwa anak-anak nantinya merupakan salah satu agen of change yang akan menentukan maju mundurnya bangsa dan negara Indonesia. Anak merupakan aset terpenting dalam kehidupan berumah tangga, bahkan hingga sampai ruang lingkup berbangsa dan bernegara sekalipun. Maka oleh itu, seorang anak selalu mendapatkan posisi yang paling utama di mana pun. Anak adalah karunia dari Tuhan Yang Maha Esa yang diberikan kepada orang tua dan harus dipelihara dan dijaga keberadanya dengan sebaik-baiknya. Oleh karenanya siapapun harus peduli dan wajib dengan keadaan yang sedang dialami oleh anaknya.

Sebab mustahil di era sekarang, orang tua mampu untuk melakukan berbagai perubahan bagi bangsa dan negara untuk menuju bangsa-negara yang lebih maju dan berkembang. Sebab orang yang tua sudah terlalu sibuk dengan keadaanya dan mereka pun sudah terlalu renta untuk melaksanakan tugas yang mulia tersebut, yakni sebagai agen perubahan bangi bangsa-negara.

Disadari maupun tidak, di negara Indonesia dunia membaca seolah-olah sudah menjadi barang langka yang sangat sulit untuk ditemui dan sangat mahal harganya. Bahkan seakan-akan sudah hilang terkikis oleh kemajuan teknologi yang maju dan canggih. Padahal kita tahu, bahwa pada realitasnya membaca merupakan salah satu faktor terpenting dalam hidup dan dapat dikatakan bahwa semua proses belajar di dasarkan pada kemampuan membaca. Berdasarkan berbagai penelitian, bahwa faktor utama yang mendukung negara-negara menjadi maju dan unggul dalam ilmu dan pengetahuan adalah dengan jalan membaca. Sebab dengan membaca maka kita akan banyak mendapatka pengalaman dan ilmu pengatahuan yang mumpuni.

Bagaimana pun juga ilmu pengetahuan terbukti mampu menjadi kekuatan yang maha dahsyat (knowledge is the real power) dalam mendukung kemajuan dan kemakmuran suatau bangsa. Revolusi pengetahuan sejak zaman pencerahan telah menciptakan perubahan signifikan. Sejak revolusi industri, penemuan mesin-mesin canggih membantu manusia menciptakan sistem baru, membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien. Negara yang sukses adalah mereka yang mampu belajar dengan cepat, cerdas, dan pintar. Dan salah satu yang bisa mendapatkan ilmu pengetahuan adalah dengan cara membaca.

Semua orang pasti ingin melihat anak-anaknya menjadi pandai dan mampu bersaing demi kemajuan bangsa. Semua orang tua tentunya senang melihat anak mempunyai hobi gemar membaca. Sebab dengan begitu maka anak akan lebih cepat meraih kesuksesan dan pandai. Dan sebagai orang tua pun mereka tentunya akan sangat bangga anaknya mampu untuk melakukan perubahan serta berpartisipasi untuk kemajuan bangsa-negara. Namun sayangnya tidak semua orang tau mampu untuk memotivasi serta menumbuhkan minat baca pada anaknya. Alhasil anaknya akan semakin malas dan menjadi anak yang bodoh.

About siti bahiyah

Siti Bahiyah, S.Pd Latar belakang Pendidikan Matematika IKIP Muhammadiyah Jakarta, sangat tertarik dengan dunia Parenting dan perkembangan anak usia dini hingga remaja, bersama suami dan dua orang putra menggali pengalaman dan menyelami samudra luas dunia anak dan remaja menuju The Best Parent and The Best Children , untuk itu saya memutuskan untuk kembali belajar dan selalu belajar dengan menempuh studi dengan jurusan yang berbeda yaitu Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana. Rela meninggalkan profesi lama sebagai guru bidang studi Matematika dan Insya Allah mengikuti kata hati bercita-cita menjadi seorang Konsultan Pendidikan dan Penulis Buku Parenting. Mohon doa dan supportnya. Salam semangat untuk para orang tua, anak-anak dan remaja.

Posted on Februari 17, 2009, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. aku jadi bingung bu, gimana ya nanti mendidik anak?
    kalau gak disediain TV, PC, n gadget lainnya, nanti anak kita ketinggalan informasi..
    tapi disediain, takutnya aku ga bisa jaga mereka n kebablasan.. secara aku juga kerja..

    Aku n suami sih suka baca, n ngoleksi buku (kemampuan beli buku jauh melebihi kemampuan membaca :p) tapi apa itu jaminan anak kami nanti suka membaca? (@_@)

  2. Apa kabar yepti hari ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: